15 December 2012

EVDO dan HSPA

Kebutuhan akan koneksi data berkecepatan tinggi di negara kita membuat berbagai perangkat seperti ponsel, tablet dan modem berlomba menghadirkan layanan akses data yang beragam. Dan diantara teknologi koneksi data tersebut adalah EVDO dan HSPA yang akhir-akhir inibanyak diminati pengguna internet di negeri ini. Namun masih banyak yang belum mengenal tentang kedua teknologi yang dimaksud. Untuk itu saya ingin menjelaskan sekilas tentang keduanya, dengan harapan kita bisa memilih yang sesuai untuk koneksi data perangkat yang kita gunakan sehari-hari.

EVDO (Evolution Data Optimized)
EVDO merupakan teknologi mobile broadband generasi ketiga (3G) yang bergerak di jaringan CDMA dan mampu memberikan kecepatan data lebih tinggi dari 2 Mbps dalam lingkungan mobile. CDMA EVDO terdiri dari 3 standar utama sebagaimana ditentukan oleh 3GPP2 sebagai bagian dari CDMA 2000 standar, yaitu :
  • CDMA2000 1xEV-DO Release 0 (Rel 0)
  • CDMA2000 1xEV-DO Revisi A (Rev A)
  • CDMA2000 1xEV-DO Revisi B (Rev B)
  
 

CDMA EVDO menggunakan jaringan CDMA 2000 untuk menyediakan akses kepada perangkat telekomunikasi jaringan bergerak dengan interface pada kecepatan 2.4 Mbps untuk EVDO Rev 0, 3.1 Mbps untuk EVDO Rev A, dan untuk EVDO Rev B fase 2 yang diluncurkan Smartfren sudah mendukung akses internet hingga14.7 Mbps. Wow...! Teknologi EVDO Rev B fase 2 adalah layanan akses internet broadband berkecepatan tinggi yang setara dengan teknologi GSM 3.5G.



HSPA (High Speed Packet Access)
Sedangkan HSPA adalah terminologi yang digunakan untuk mengacu pada HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) dengan standar 3GPP Release 5 dan HSUPA (High Speed Uplink Packet Access) berstandar 3GPP Release 6 yang berbasis teknologi 3.5 G GSM dan memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibanding 3G dan GPRS.


Secara teoritis kecepatan data HSPA mencapai 14.4 Mbps (downlink) dan 5.8 Mbps (uplink), 3-4 kali lebih cepat dibanding kecepatan downlink 3G dan 15 kali lebih tinggi dari GPRS. Tapi jaringan saat ini hanya mampu memberikan 3.6 Mbps downlink dan 500 Kbps untuk uplink. Nah lho.. ?! ^_^ HSDPA memungkinkan adanya internet yang cepat, video streaming dan video conference. Dalam kondisi prima, kecepatan HSDPA jelas lebih baik ketimbang koneksi internet kabel alias DSL (Digital Subscriber Line).

Informasi tambahan, kecepatan terakhir yang dirilis teknologi ini adalah HSDPA+ dimana kecepatan download mencapai 42 Mbps dan 84 Mbps menggunakan standar 3GPP Release 9.

Secara garis besar perbedaan EVDO dan HSPA antara lain :
  1. Bandwidth radio interface yang digunakan CDMA adalah 1.25 MHz, sementara HSPA memanfaatkan bandwidth 5 MHz.
  2. Data rates untuk kecepatan EVDO adalah 14.7 Mbps, sedangkan kecepatan HSPA 14.4 Mbps.
  3. Standar CDMA EVDO dikembangkan dengan jaringan 3G dan HSPA dianggap sebagai jaringan 3.5G.

(diolah dari berbagai sumber)