03 January 2013

Tips Browsing Pakai Ponsel Android

Dengan membeli smartphone Android, Anda tentu akan semakin sering menggunakan ponsel untuk menjelajah internet. Jika memiliki dana lebih, membeli smartphone dengan layar lebar tentu akan memberikan pengalaman browsing internet yang lebih memuaskan. Selain ukuran layar, Anda juga dapat mengaktifkan beberapa fitur pada browser Android sehingga dapat meningkatkan kenyamanan Anda dalam mengakses internet. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba :


Zoom
Bila ponsel yang Anda gunakan memilki layar kecil, maka Anda dapat melakukan zoom untuk memperbesar tampilan web yang Anda kunjungi. Namun jika layar ponsel Anda telah mendukung fitur multitouch, maka Anda dapat memanfaatkan pinch to zoom untuk memperbesar tampilan. Bagi yang belum mendukung pinch to zoom, Anda dapat memperbesar tampilan secara manual dengan menyentuh layar dua kali hingga muncul ikon zoom.


Mode Landscape
Jika memperbesar atau zoom tidak cukup bagi Anda, maka Anda dapat mencoba menjelajah internet dalam mode landscape atau horisontal. Untuk melakukan ini, Anda dapat mencarinya di menu setting. Sementara jika ponsel Anda telah menggunakan Android Ice Cream Sandwich, maka fitur autorotate dapat Anda aktifkan untuk membuat browser tampil dalam mode landscape.

 


Web Shortcut
Tidak semua website favorit Anda memiliki aplikasi resmi yang mendukung platform Android. Untuk itu ada baiknya Anda memasang shortcut ke web favorit di halaman depan. Web shortcut memungkinkan Anda mengakses web langsung dari halaman depan ponsel tanpa harus masuk terlebih dahulu ke browser. Untuk membuat shortcut, Anda cukup menekan layar depan beberapa saat hingga muncul pilihan shortcut dan memilih web serta mengetikkan alamat web yang sering Anda kunjungi.

Press and Hold Link
Jika Anda sedang membuka web dan menemui link yang ingin dibuka, selahkan tekan dan tahan link tersebut hingga muncul pilihan untuk membuka dalam tab baru. Silahkan pilih open link in new tab untuk membuka link yang dimaksud. Dengan begitu Anda masih bisa melihat web pertama yang Anda buka. Pada Ice Cream Sandwich, Anda dapat membuka link dalam tab incognito sehingga halaman yang pernah dikunjungi tidak tercatat dalam history.


Go to The Page with The Application
Terkadang ketika Anda memilih link untuk dibuka, Android menampilkan pilihan untuk membuka link tersebut dengan browser atau aplikasi. Jika Anda dihadapkan pada pilihan tersebut, maka membuka link tersebut dengan aplikasi tentu merupakan pilihan yang terbaik.


Close The Tab or Browser Window
Ketika Anda membuka banyak halaman dalam beberapa tab atau jendela, jangan lupa untuk menutup jendela atau tab yang tidak lagi Anda pakai. Hal ini akan semakin bermanfaat untuk menghemat pemakaian data dan juga meringankan kinerja ponsel. Untuk menutup tab atau window, silahkan tekan menu dan pilih window atau tab, lalu pilih tab atau jendela mana saja yang ingin Anda tutup.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengelola ponsel pada fasilitas internet yang ada. Semoga sedikit trik dan tips diatas bermanfaat bagi Anda.