17 March 2012

Perjalanan Android

Tak terasa kurang lebih 4 tahun sudah sistem operasi Android hadir di tengah-tengah kita. Sejak 2009 yang lalu, OS besutan Google ini terus berevolusi untuk menjadi sistem operasi pilihan para vendor gadget di seluruh dunia. Mulai dari smartphone, superphone, hingga tablet. Berbagai kelebihan dan kemudahan ditawarkan oleh si robot hijau ini. Dari sisi interface, menu, compatibility, dan utility terus disempurnakan dari waktu ke waktu. Hal ini membuat para vendor gadget tertarik untuk mengadopsi OS bikinan raja internet tersebut.

Sistem operasi Android ini dalam perkembangannya sangat cepat sekali. Berbeda dengan OS yang lainnya, semisal Symbian, iOS, BlackberryOS maupun WindowsPhone sekalipun. Menurut sumber di beberapa website, sistem operasi Android dikeluarkan oleh Google setidaknya dalam kurun waktu 1 semester atau setiap 6 bulan sekali. Jadi konsumen dapat melihat dan menyaksikan begitu giatnya Google menerobos pasar OS hape dan tablet. Bahkan ke depannya bisa jadi Android akan jadi sistem operasi pada PC. Hal ini mengingat Chrome yang semula hanya sebagai browser, kini kita bisa menggunakan OS Chrome sebagai sistem operasi yang berbasiskan Linux.

Dan berikut ini adalah daftar sistem operasi Android yang informasinya sudah sampai di tengah-tengah kita.

Android 1.5 (Cupcake)

Android 1.6 (Donut)

Android 2.1 (Eclair)



Android 2.2 (Froyo)

Android 2.3 (Gingerbread)

Android 3.0 (Honeycomb)

Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Sedangkan yang masih jadi rumor adalah :

Android 5.0 (Jelly Bean)

Android 6.0 (Key Lime Pie)

Dan uniknya, sistem operasi Android tersebut diatas diurutkan berdasarkan abjad. Mulai C, D, E dan seterusnya. Namun tidak hanya itu saja keunggulannya. OS yang bersifat open source ini juga memiliki kekhasan lain dimana Android dianalogikan sebagai makanan yang menggugah selera yang berasa lezatos. hehehe.....