10 July 2013

5 Langkah Melindungi Komputer di Internet

Jika Anda terhubung ke internet, Anda harus memastikan bahwa komputer Anda diatur dengan benar jika Anda ingin menghindari masalah di kemudian hari. Dengan adanya virus, spyware dan ancaman lainnya di internet saat ini, tidak ada komputer yang dapat bekerja sesuai prosedur tanpa perlindungan yang tepat.

Lima langkah berikut akan membuat komputer Anda terlindungi dari berbagai ancaman. Sebenarnya komputer Anda tidak akan benar-benar kebal terhadap masalah, tetapi paling tidak tindakan pencegahan dini perlu dilakukan.


1. Menjalankan Personal Firewall

Sebuah firewall pribadi adalah perangkat lunak yang pada dasarnya membuat komputer Anda terlihat untuk hacker, worm dan ancaman lain yang dapat menginfeksi komputer Anda melalui internet.
Menyiapkan firewall adalah mutlak hal pertama yang harus Anda lakukan jika Anda akan terhubung ke internet. Tanpa firewall, komputer Anda bisa terinfeksi hanya dalam satu menit setelah terhubung.

Jika Anda tidak memiliki perangkat lunak firewall pribadi yang terinstal, Anda harus melakukannya segera. Zone Alarm adalah program firewall yang sangat baik yang memiliki versi yang dapat Anda download secara gratis. Anda dapat men-download versi gratis dari Zone Alarm dari http://www.zonealarm.com/

2. Aktifkan Windows Update

Microsoft merilis update untuk masalah keamanan dan bug lainnya pada Windows secara teratur.
Pembaruan ini akan menjaga komputer Anda berjalan lebih baik, dan mereka sering memperbaiki masalah keamanan yang dapat membahayakan informasi atau privasi.

Jika Anda menjalankan Windows 7, Anda dapat memeriksa bahwa pembaruan otomatis diaktifkan dengan mengklik Start, kemudian klik Control Panel, kemudian klik System and Security. Disana akan ada menu Windows Update, dimana jendela yang terbuka akan memberitahu Anda jika pembaruan otomatis diaktifkan, dan memungkinkan Anda untuk mengaktifkannya atau tidak. Ketika Microsoft merilis update, mereka akan di-download untuk Anda secara otomatis dan Windows akan memberitahu Anda ketika mereka siap untuk diinstal.

 
 3. Install & Update Software Antivirus

Sebagian besar komputer baru datang dengan perangkat lunak antivirus. Anda mungkin memiliki Norton, McAfee, Avira, AVG atau merek lain. Tidak peduli program apa yang Anda miliki, Anda perlu memperbarui ketika Anda terhubung ke internet.
Tidak peduli seberapa baru komputer Anda - akan ada virus baru, dan update baru untuk perangkat lunak antivirus. Proses yang tepat berbeda untuk setiap merek program antivirus, tapi kebanyakan dari mereka akan memiliki ikon di sudut kanan bawah desktop Anda, di samping penunjuk waktu. Ikon mungkin gambar perisai (McAfee), stetoskop (Norton), payung (Avira) atau sesuatu yang lain.

Dalam kebanyakan kasus, jika Anda menunjuk ke ikon untuk antivirus Anda dan klik tombol mouse sebelah kanan, menu akan muncul dengan opsi update. Ini bisa hanya disebut update atau bisa menjadi sesuatu seperti Live Update or Download Update terbaru. Jika Anda klik pada pilihan update (dengan tombol kiri) akan menginstal update terbaru untuk Anda.


4. Instal Software Anti-Spyware

Spyware - dan hal-hal lain yang dikenal sebagai adware dan malware - menjadi masalah seperti virus. Program Spyware dapat menyebabkan banyak masalah dengan komputer Anda, belum lagi mereka dapat melacak informasi pribadi Anda dan Anda tidak pernah tahu di mana itu dikirim.
Beberapa komputer baru mungkin termasuk perangkat lunak antispyware, tetapi kebanyakan dari mereka belum. Ada cukup beberapa program anti-spyware yang tersedia, beberapa gratis dan beberapa tidak. Yang saya sarankan adalah dari Microsoft dan merupakan salah satu yang gratis.

Salah satu alasan saya suka itu karena selalu berjalan di latar belakang dan secara otomatis akan menangkap banyak spyware sebelum sampai pada komputer Anda.
Banyak program lain tidak menangkap itu sampai Anda menjalankan scan. Anda dapat men-download gratis Microsoft Antispyware dari  http://www.microsoft.com/security/default.aspx

5. Mengatur Akun Email Gratis

Setelah Anda di internet, Anda akan menemukan banyak informasi berguna yang Anda inginkan yang mengharuskan Anda untuk memberikan alamat email. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan layanan email gratis seperti Gmail atau Yahoo.

Jika Anda menggunakan akun email gratis untuk mendaftar apa pun yang Anda tidak tahu pasti yang dapat Anda percaya, itu tidak akan mengisi email utama Anda dengan sekelompok email sampah (spam).
Ini berlaku untuk informasi yang benar-benar valid, bukan hanya online. Jika Anda mengikuti kontes atau mendaftar untuk kegiatan yang sifatnya offline dan Anda tidak tahu di mana informasi Anda berakhir digunakan, saya sarankan menggunakan alamat email gratis Anda.

Demikianlah sedikit tips yang mungkin berguna bagi Anda pemilik komputer. Pencegahan lebih baik daripada pengobatan kan ?! he..he..he..