16 October 2013

Jenis Infeksi Komputer

Seiring dengan perkembangan komputer saat ini, baik dari sisi hardware maupun software, maka bertambah pula pengganggu yang menghambat kinerjanya. Diantara pengganggu yang dimaksud adalah dari segi aplikasi yang terinstall pada perangkat Anda. Dan berikut 4 kategori utama jenis infeksi pada komputer, yaitu :

Virus
Virus komputer adalah bagian kecil dari perangkat lunak yang menempel pada program-program. Contohnya virus yang menempel pada Windows Explorer . Setiap kali Anda menjalankan Windows Explorer, program virus ini akan dijalankan dan melakukan fungsinya tanpa Anda sadari. Akibatnya dapat merusak file di komputer Anda , atau menghapus semuanya bersama-sama. Atau juga pada waktu tertentu di mana virus akan mencoba menyebarkan dirinya ke program lain dan bahkan komputer lain !

Worm
Worm sama halnya seperti virus, yaitu software kecil . Namun meski kecil, worm ini akan berjalan sendiri melalui jaringan komputer dan melalui lubang keamanan untuk menyebarkan. Worm akan memindai jaringan dari komputer host sampai menemukan komputer lain yang dapat memproses infeksinya sendiri. Karena jenis infeksi berjalan dengan sendirinya, maka dapat memiliki dampak yang menghancurkan. Contohnya The MyDoom. dimana worm ini diperkirakan telah menginfeksi lebih dari seperempat juta komputer dalam satu hari ketika pertama kali diluncurkan pada bulan Maret 1999.



Trojan Horse
Sebuah Trojan horse adalah program komputer yang mengklaim sebagai satu hal, tetapi sebenarnya lain. Sebagai contoh Anda mungkin menerima Trojan horse yang menyamar sebagai gambar, tetapi ketika Anda pergi untuk membuka file tersebut, ia akan melakukan apa pun yang dapat dilakukan. Mulai dari tidak terbukanya file sampai dengan tidak ditemukannya file yang dimaksud. Hal ini karena data file diubah menjadi file samaran yang tidak jelas keberadaannya.

E-mail Virus
Virus e-mail sekarang juga bersifat umum. Mereka bekerja dengan menyebarkan diri melalui pesan email. Setelah mereka menginfeksi komputer, mereka kemudian akan pergi ke inbox e-mail dan mereplikasi dirinya sendiri secara otomatis, lalu akan masuk ke mailing list dari semua orang dalam buku alamat e-mail korban. Contoh virus email adalah virus Melissa dan ILOVEYOU.

Untuk melindungi komputer Anda dari berbagai jenis infeksi, lakukan hal-hal berikut ini :

  • Pasang software antivirus pada semua komputer Anda, apakah terhubung internet atau tidak.
  • Jangan membuka atau download attachment file (file lampiran) dalam e-mail, terutama yang dengan ekstensi .pif, .exe, .com, .vbs, .bin, .dot, .reg, .js, .scrdan lain-lain.
  • Jangan klik link dalam tubuh e-mail.
  • Jangan download software dari situs web yang Anda tidak tahu sumbernya.
  • Jangan pernah menginstal perangkat lunak pada komputer Anda kecuali Anda tahu dari mana asalnya.
  • Jalankan antivirus pemindaian manual untuk setiap 24 jam saat Anda menggunakan komputer Anda.
  • Pastikan bahwa perangkat lunak antivirus Anda up to date . Semua produk perangkat lunak antivirus biasanya menyediakan update setiap 2 - 4 minggu dan layanan ini biasanya adalah gratis meski sebagian diantaranya berbayar.
  • Menerima e-mail dari seseorang yang Anda kenal tetapi tidak mengharapkan mereka untuk mengirimkan file attachment ? Hubungi orang pertama sebelum mendownload atau membuka file lampiran untuk mengkonfirmasi bahwa itu benar-benar datang darinya. Beberapa program virus yang sangat baik terlihat melakukannya seperti ini dengan memanfaatkan daftar teman pada contact e-mail Anda.
  • Pasang software firewall pada semua komputer Anda yang terhubung ke internet baik sementara atau permanen.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah sederhana diatas, semoga saja Anda dapat menghentikan virus sebelum menginfeksi komputer Anda.