15 June 2017

Mari Mengenal 5G


Buat pengguna ponsel, istilah 2G, 3G atau 4G pasti tidaklah asing. Secara awam, teknologi tersebut dapat diterjemahkan dengan teknologi yang memungkinkan pengguna ponsel mengakses internet dengan kecepatan tertentu yang disediakan oleh operator. Kini, teknologi tersebut menuju pada generasi kelima atau biasa disebut 5G. 5G berasal darai bahasa Inggris 'fifth generation' yang berarti generasi kelima. 5G adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G.

Sebagai perbandingan, jaringan 4G mampu menyediakan layanan berkualitas tinggi dan kecepatan transfer data yang tinggi dengan kualitas penerimaan yang lebih baik, aliran transfer data lebih stabil, serta pertukaran informasi lebih cepat. 4G memberikan kecepatan transfer data minimal 100 Mbps (megabit per second) saat pengguna bergerak pada kecepatan tinggi serta 1 Gbps (gigabit per second) dalam posisi diam. Sedangkan teknologi 4.5G menawarkan pelanggannya dapat menikmati peningkatan kecepatan internet upload maupun download hingga 20% dibanding 4G.

 
Teknologi 5G belum dapat dipastikan seperti apa keunggulan dan kekurangannya karena saat ini hal itu masih berupa konsep. Tetapi dari konsep yang ada, terdapat beberapa konsep yang menjadi tujuan utama dari teknologi 5G, yaitu :
  • Kecepatan data yang lebih signifikan dari 4G
  • Memiliki transfer data antar ponsel dengan kecepatan 1 ms
  • Dapat terkoneksi dengan alat seperti ponsel, perangkat mobile lain dan peralatan rumah tangga
Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 80 Gbps. Dengan kecepatan seperti itu, teknologi 5G bisa memungkinkan untuk mengunduh 33 film HD (high definition) hanya dalam beberapa detik.

* Diolah dari berbagai sumber