10 November 2010

Handphone Serba " TER "

Ketika Antonio Meucci pertama kali menciptakan telepon beratus tahun lalu sampai Martin Cooper pertama kali membuat telepon bergerak berpuluh tahun lalu, mungkin mereka tak pernah membayangkan bahwa kreasinya akan jadi benda yang begitu berpengaruh dalam kehidupan manusia. Sekarang, handphone (hape) sudah jadi benda yang biasa kita lihat dan kita pakai sehari-hari. Bagi sebagian orang, malah hape mungkin sudah jadi perangkat terpenting dalam hidupnya untuk terhubung dengan orang-orang terpenting dalam hidupnya maupun untuk gaya hidup.
Perjalanan penting penciptaan hape ternyata menyimpan banyak hal-hal unik yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh kita. Contohnya adalah seperti berikut ini :

Hape Terbesar.


Hape terbesar di dunia yang tercatat di Guinness World Records diproduksi oleh Samsung, yang bernama Samsung SCH-r450. Hape ini memiliki ukuran 4.57 x 3.42 x 0.74 m dengan keyboard QWERTY.

Hape Teringan.

Modu 1 merupakan hape teringan asal Inggris dengan dimensi 72.1 x 37.6 x 7.8 mm yang tidak lebih dari ukuran sebuah kartu kredit, ditambah lagi bobotnya hanya 40.1 gram.

Hape Terjadul.


Dalam sejarahnya, telepon genggam diperkirakan telah dikembangkan sejak tahun 1921 oleh kepolisian Detroit di Amerika Serikat. Adalah Dr. Martin Cooper, seorang peneliti dari Motorola yang berhasil merealisasikan percakapan secara nirkabel melalui Motorola Dyna-tac.

Hape Outdoor Tertangguh.

Hape dalam kategori ini telah teruji dengan memutar audio dalam kondisi terendam air, dijatuhkan dari ketinggian lebih 2 meter, dan disimpan di almari pendingin dengan suhu ekstrem. Hape itu adalah Samsung Xcover 271.

Hape Resolusi Kamera Tertinggi.


Altek, perusahaan asal Taiwan membuat hape berkamera 14 Megapiksel dengan fasilitas pembesaran optik (optical zoom) hingga 3x. Hape ini diberi nama Altek Leo.

Hape Termahal.


Pemegang hape termahal adalah iPhone 4 yang dirancang desainer asal Inggris, Stuart Hughes. Jangan kaget, harganya 8 juta dolar AS atau sekitar 71 miliar rupiah !. iPhone 4 Stuart Hughes bertabur 500 butir berlian berkadar 100 karat di sekujur badannya.

Hape Termurah.


Hape termurah berasal dari Amerika Serikat, yaitu Hop1800 yang dibanderol cuma USD 10 (sekitar 90 ribu rupiah).

Hape Tertipis.


Samsung di kenal sebagai produsen hape yang penuh inovasi. salah satunya adalah Samsung X820 atau Razor Sharp yang diklaim sebagai hape tertipis di dunia. Karena hape ini memiliki ketebalan tidak sampai 6 mm, tepatnya 5.9 mm saja.

Hape Berbatere Terawet.


Batere ibarat nyawa sebuah hape. Bila performanya tidak baik, maka aktivitas hape tidak akan bekerja sempurna. Philips merupakan salah satu vendor hape yang membuat Philips Xenium X830 sebagai hape dengan batere terawet, karena hape ini bisa bertahan hingga 1.5 bulan.

Hape Teraneh.


Hape yang unik ini di desain khusus oleh produsen perangkat audio kelas dunia, Bang & Olufsen. Namanya adalah Samsung Serene.


Sumber : Sisipan Tabloid Sinyal edisi 29 Oktober - 11 November 2010