07 July 2011

TETRA

Untuk meningkatkan nilai kompetitif suatu perusahaan, komunikasi menjadi suatu kebutuhan yang vital. Komunikasi yang mampu menghadirkan kemudahan, tentu menjadi satu keunggulan tersendiri. Namun akan semakin bernilai bila teknologi komunikasi tersebut mampu hadir dengan hasil yang maksimal sekaligus efisien. Salah satu teknologi komunikasi itu adalah Trunked Radio System.

TETRA adalah TErrestrial TRunked RAdio yang merupakan alat trunked radio system berteknologi digital. Teknologi ini memanfaatkan sistem komunikasi satelit orbit rendah atu LEO (Low Earth Orbit Satellites). Sistem komunikasi ini mampu memandu pengguna radio untuk mendapatkan frekuensi yang kosong. Sehingga pada saat melakukan komunikasi, Anda tidak perlu ada rasa khawatir bila pembicaraan Anda "tercium" oleh pihak yang tidak berkepentingan. Dengan kata lain, sistem trunked radio memberikan pilihan aman bagi Anda untuk melakukan pembicaraan 2 belah pihak saja, atau dalam satu grup. Untuk meningkatkan jarak komunikasi, dibutuhkan penguat sinyal (repeater) yang terletak pada base station, yang diletakkan di tempat-tempat strategis.

Sistem dan teknologi TETRA cocok digunakan untuk mereka yang bekerja di bidang pengamanan dan keselamatan, pelayanan umum, transportasi, industri besar maupun menengah, militer, bandara dan pelabuhan, perdagangan dan berbagai perusahaan yang membutuhkan akses komunikasi dalam pergerakan usahanya. Sebagai alat penghubung yang memiliki kelebihan pada totalitas digital, TETRA membuka diri pada konektivitas protokol standar yang telah dikenal oleh pengguna, seperti dukungan TETRA pada teknologi IP (Internet Protocol). Sehingga TETRA tetap bisa berhubungan pada sistem jaringan LAN/WAN, internet, dan ISDN. Bahkan untuk pelayanan data network maupun konvensional mobile network dan telepon ke jaringan PABX, TETRA masih membuka konektivitasnya.

Direct Mode Operation (DMO) merupakan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan oleh TETRA dalam rangka memperlancar komunikasi. Hal ini ditinjau salah satunya dari jangkauan sinyal yang ada di setiap unit komunikasi. Setidaknya terdapat 4 jenis DMO, yaitu komunikasi antar unit tanpa adanya base station, komunikasi dengan base station, komunikasi dengan penguat sinyal (repeater), dan komunikasi melalui control center.

Walaupun merupakan solusi komunikasi yang "bebas bergerak", bukan berarti tidak ada jalur pengaman yang diberikan TETRA bagi penggunanya. Untuk menjembatani segala keperluan manual, command and control system dibutuhkan sebagai pengontrol penggunaan komunikasi yang berada dalam frekuensinya. Untuk komunikasi, TETRA cukup efektif bila pemakaian Radio Carrier 4 channel per 25 KHz dengan transmisi data 28.8 kbps. Sedangkan kecepatan pengaturan panggilan untuk suara mencapai 0.3 detik. Trunked Radio System tidak hanya mampu melakukan komunikasi suara, tetapi juga bisa untuk komunikasi data. Contoh produk yang cukup populer diantaranya Motorola Type I (Privacy Plus) dan Type II (SmartNet) serta Ericsson dengan EDACS-nya.

Catatan : dirangkum dari berbagai sumber.