16 January 2012

Mobile Apps Trends 2012

Kalau kita perhatikan dengan seksama, tahun-tahun belakangan ini berbagai macam aplikasi dari berbagai platform smartphone dan tablet dapat dijumpai dengan mudahnya. Salah satu penyebab signifikansi aplikasi tersebut adalah maraknya ponsel Android dan terbentuknya pasar aplikasi yang disematkan di ponsel-ponsel pintar, seperti iPhone, BlackBerry, Windows Phone dan Android sendiri. Tipe-tipe aplikasi pintar pun bermunculan untuk menunjang kinerja perangkat yang ada. Mulai dari aplikasi instan messaging, multimedia, office, social networking dan sebagainya. Meski sulit untuk ditebak, tapi keberadaan aplikasi-aplikasi canggih tersebut masih akan berlanjut di tahun 2012 ini.

Dan inilah prediksi tentang jenis-jenis aplikasi yang bakal jadi "trend" di tahun 2012 :

NFC (Near Field Communication)
Meski saat ini ponsel dengan fitur NFC belum menjadi sebuah fitur standar dalam sebuah produk smartphone, tetapi teknologi nirkabel untuk menghubungkan 2 perangkat ini akan meningkat volumenya di masa yang akan datang. Menurut lembaga riset Gartner, NFC akan mendominasi di wilayah Asia, Eropa dan Amerika Utara.

LBS (Location Based Services)
Foursquare, Gowala, dan Google Latitude adalah contoh aplikasi yang berbasis lokasi. Tak hanya untuk mengetahui suatu lokasi, namun bisa lebih spesifik. Misalnya mencari tempat makan favorit, menunjukkan kemacetan suatu tempat, terhubung dengan layanan tertentu dan aktifitas lainnya. Penerapan LBS jauh lebih luas daripada sekedar pada jejaring sosial berbasis lokasi. Karena LBS mencakup semua aplikasi dalam ponsel kita yang memerlukan fitur GPS dengan ragam layanan yang berkaitan dengan lokasi.


Banking Application
Bisnis jual beli online tampaknya bakal ditemani dengan munculnya aplikasi-aplikasi banking. Aplikasi banking bisa merujuk pada Mobile Payment, SMS Banking dan Mobile Banking yang ada saat ini. Penggunaan aplikasi banking sendiri bisa melalui mobile browser atau aplikasi tersendiri. Sehingga suatu saat akan datang suatu masa dimana membayar secara digital menjadi gaya hidup. Sementara membayar dengan uang tunai dianggap sebagai sebuah kebiasaan kuno.



Mobile Search
Proses pencarian melalui ponsel bukanlah hal yang baru. Google, Yahoo, Bing dan lainnya telah merambah ranah ponsel. Di masa depan, kita tidak perlu masuk ke layanan web untuk mencari sesuatu. Ini sudah dimulai oleh Taptu yang menawarkan kemudahan pencarian yang dirancang khusus untuk perangkat mobile. Demikian juga dengan Siri dan Majel, aplikasi pencarian berbasis suara yang dikembangkan Apple dan Google.


Mobile Advertising
Mobile advertising adalah cara yang paling efektif dalam meraup pendapatan perusahaan. Karena dengan beriklan secara online, para konsumen akan melihat produk yang diinginkannya terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi pembayarannya. Hal ini mendekatkan pihak pengiklan dengan pengguna produk atau jasanya. Mobile advertising juga akan dimanfaatkan oleh perusahaan dalam beriklan bersamaan dengan iklan TV, radio, media cetak atau kampanye dalam menghadapi pemilu.