10 June 2012

Prosesor Tablet Android

Seperti halnya pada PC/laptop, prosesor merupakan komponen paling utama pada tablet Android. Semakin besar kecepatan prosesor, maka semakin bagus kemampuan tablet tersebut. Hal ini berhubungan dengan versi Android yang digunakan. Pada umumnya tablet Android yang masuk kategori low-end menggunakan prosesor lama dengan kecepatan dibawah 1 GHz. Perkembanagan arsitektur prosesor yang disematkan pada tablet tentu saja mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Pada tablet Android, ada 4 kategori prosesor yang digunakan, yaitu Exynos, OMAP, Tegra dan Snapdragon.


Exynos
Exynos dikembangkan oleh Samsung Electronics yang sebelumnya dinamakan Hummingbird. Prosesor ini dibangun menggunakan CPU ARM Cortex 9 dual core dengan clock antara 1.2 GHz hingga 1.5 GHz. Produk ini dilengkapi dengan GPU ARM Mali-400 MP4. Contohnya dipakai oleh Samsung Galaxy Tab 7.7 (P6800).


OMAP
Sedangkan OMAP diproduksi oleh Texas Instrument. Saat ini Texas Instrument telah mengeluarkan 4 generasi prosesor OMAP, yaitu OMAP1, OMAP2, OMAP3 dan OMAP4. Generasi kelima OMAP baru saja diperkenalkan dengan arsitektur ARM Cortex A15 dengan clock 2 GHz. Tablet yang menggunakannya adalah Samsung Galaxy Tab 2 7.0 (P3110).




Tegra
Lalu ada prosesor Tegra yang dibuat oleh Nvidia. Saat ini ada 3 generasi dari prosesor Tegra, yaitu Nvidia Tegra APX, Nvidia Tegra 2 serta Nvidia Tegra 3. Prosesor Tegra 3 dibangun dengan arsitektur ARM Cortex A9 dengan clock 1.4 GHz dan mampu menampilkan video dengan resolusi hingga 2560x1600 pixel. Tablet dengan prosesor Tegra adalah LG Optimus Pad, Sony Tablet S Series dan Asus Transformer.


Snapdragon
Dan yang terakhir adalah Snapdragon yang dibuat oleh Qualcomm. Qualcomm telah mengeluarkan 3 generasi prosesor ini, yaitu Snapdragon1, Snapdragon2, dan Snapdragon3. Prosesor Snapdragon single core 1.4 GHz diyakini memilki performa yang tidak kalah dibanding prosesor dual core pada perangkat lain. Untuk prosesor Qualcomm Snapdragon ini, kebanyakan digunakan oleh tablet branded second layer semisal ZTE Light Tab, Huawei IDEOS S7 Slim serta tablet lokal macam S Nexian Genius A7500 dan Advan Vandroid.