20 January 2013

HP ePrint via Email

Hewlett Packard sebagai salah satu pemain besar di industri printer dunia mulai menawarkan kemudahan untuk Anda. Melihat potensi perangkat mobile yang semakin besar dan semakin banyak orang yang melakukan mobilisasi ketika berbisnis serta dukungan kecepatan data yang kian memanjakan, maka tawaran teknologi ePrint merupakan sebuah revolusi yang positif bagi dunia.


ePrint merupakan sebuah merek dagang yang menunjuk pada teknologi mencetak file secara nirkabel. Adapun ePrint sendiri memiliki beberapa fitur dan layanan, diantaranya HP ePrint via Email, HP ePrint Public Printing Locations, HP ePrint Enterprise, HP ePrint Wireless Direct Printing, Apple AirPrint, HP ePrint Mobile Apps dan HP ePrint Software. Standar teknologi ini kemudian disuntikkan kepada beberapa printer khusus yang disebut sebagai HP ePrint-capable Printer. Anda bisa melihat dari spesifikasi produk, maupun logo yang ada di bodi printer untuk mengenali apakah printer HP mendukung ePrint atau tidak.

HP ePrint via Email sendiri merupakan salah satu turunan fitur ePrint dimana perintah untuk melakukan proses pencetakan dan file yang akan dicetak bisa dikomunikasikan melalui sebuah email lewat sebuah layanan cloud computing yang terdedikasi. Singkatnya, Anda bisa langsung mencetak file dokumen dalam lampiran (attachment) email di sebuah printer tertentu. Printer-printer ini memiliki alamat email yang menjamin keamanan file, sehingga hanya Anda dan orang-orang tertentu yang tahu alamat emailnya yang bisa mencetak file di printer tersebut.

Printer-printer yang sudah ePrint-capable didaftarkan terlebih dahulu ke sebuah pusat layanan cloud HP ePrint (hpeprintcenter.com). Kemudian printer tersebut akan memperoleh alamat email khusus yang unik, guna meneruskan lampiran file ke printer untuk dicetak. Setelah itu, server cloud ePrint akan merender data dokumen dari tiap-tiap lampiran email ke dalam sebuah format streaming data yang kompatibel untuk cetakan, semisal PCL3, PCL5, atau PostScript, hingga seterusnya akan diproses oleh printer dan menjadi cetakan utuh.


Agar dapat dirender menjadi format data stream untuk printing, maka pastikan format dokumen dalam lampiran email Anda dalam Native Plain, yaitu MS Word Document, MS PowerPoint/Presentation, MS Outlook Document, Image file (JPEG,BMP,GIF,PNG,TIFF), PDF, RTF dan HTML file. Anda bisa melakukan pencetakan dari perangkat apapun, asalkan bisa mengirimkan email. Bisa dari sebuah ponsel, tablet, laptop, desktop computer dan sebagainya.

Source : from various reliable sources