19 February 2013

Sistem Operasi Mobile Makin Oke


Awal beredarnya ponsel di pasaran hanya di dukung ekosistem dengan platform tertutup alias proprietary. Wajar saja jika interfacenya terkesan kaku dan kurang menarik. Karena sifatnya tertutup, pengguna pun tak bisa berkreasi dengan leluasa. Namun seiring dengan berkembangnya ponsel beserta teknologi yang mengiringinya, gadget yang tadinya cuma sebagai alat komunikasi standar (voice dan text), kini sudah semakin kompleks. Mulai dari fungsi hiburan, pendidikan, budaya hingga menyelesaikan pekerjaan perkantoran bagi pemakainya.


Fase pertama platform sistem yang didukung ponsel adalah Java (J2ME) dan Symbian. Untuk Java sendiri, saat ini hampir sebagian besar ponsel masih menggunakannya, termasuk yang sudah memakai sistem operasi terbuka. Untuk Symbian OS, sempat menjadi rajanya sistem operasi ponsel di era tahun 2000-an. Termasuk menggiring Nokia menjadi penguasa di pasar ponsel dunia. Saat ini platform ponsel standar tersebut tergerus oleh 4 besar sistem operasi yang memiliki persaingan sangat ketat. Ada RIM dengan BlackBerry-nya, Google si pemilik Android, iOS yang menjadi system khas perangkat Apple dan Microsoft sebagai pemilik Windows Phone.



BlackBerry 
BlackBerry diperkenalkan pada tahun 1999 oleh Research In Motion (RIM). Sistem operasi besutan pengembang asal Kanada ini memiliki keunggulan dalam hal push e-mail, menjelajah internet, messenger (BlackBerry Messenger/BBM) dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Dan baru-baru ini RIM merilis OS terbaru mereka dengan nama BlackBerry 10.

iOS 
iOS (iPhone Operating System) awalnya khusus dikembangkan buat iPhone. Namun kini menjadi OS khas Apple dan diterapkan di hampir semua produknya, seperti iPod Touch, iPad dan Apple TV. Ada beberapa versi dari iOS hingga kini, mulai dari iOS 1.x (awal kemunculan iPhone), iOS 2.x (dipakai iPhone 3G dan mulainya App Store), iOS 3.x (digunakan pada iPhone 3GS), iOS 4.x (iPod Touch dan iPhone), iOS 5 (iMessage, reminder app, iCloud dan lain-lain. Support iPad, iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPod Touch gen-3 dan 4), dan iOS 6 (rilis September 2012 yang menjadi OS paling powerful saat ini).

Android 
Sejak dirilis pada 5 November 2007, Android mendapat sambutan yang luar biasa dan kini merajai pasar sistem operasi dunia. Selain di dukung dengan market aplikasi (Google Play) yang cukup luas, versi OS yang terus berkembang dari Android pun menghadirkan sensasi berbeda untuk para penggunanya. Mulai dari Android 1.5 Cupcake yang diikuti Donut (1.6), Éclair (2.0/2.1), Froyo (2.2), Gingerbread (2.3), Honeycomb (3.0), Ice Cream Sandwich (4.0) hingga versi terbaru 4.1 Jelly Bean.

Windows Phone 
Awal kemunculannya, Microsoft lebih dikenal dengan produk OS Windows pada PC/laptop. Pada ranah ponsel, Microsoft juga membuat platform yang disebut Windows Mobile. Saat ini, Microsoft sudah merubah Windows Mobile menjadi Windows Phone. Versi awal Windows Phone adalah versi 7.x. Sedangkan saat ini yang dikembangkan Microsoft dan menjadi senjata ampuh untuk bersaing dengan para rivalnya adalah Windows Phone 8.

Demikianlah perkembangan yang terjadi pada sistem operasi ponsel hingga kini. Dan menurut prediksi lembaga riset IDC (International Data Corporation) maupun DigiTimes Research memperkirakan bahwa Android adalah platform OS yang paling populer dalam skala global dan masih akan mendominasi 3 - 5 tahun ke depan.


Source : diolah dari berbagai sumber