31 July 2013

Symbian Tutup Usia

Symbian sempat menjadi salah satu platform paling populer di dunia.. Dengan platform ini, Nokia sempat mendominasi pasar ponsel selama bertahun-tahun. Namun kemunculan sistem operasi seperti Android, iOS dan BlackBerry akhirnya menghentikan sepak terjang Symbian.


Symbian Foundation, awalnya dihuni oleh beberapa vendor papan atas seperti Nokia, Samsung, SonyEricsson, Motorola dan LG. Sebagian operator besar seperti NTT Docomo, Vodafone, AT & T hingga produsen chip pun ambil bagian di dalamnya. Seiring berjalannya waktu, satu per satu pendukung Symbian pun berguguran. Samsung dan SonyEricsson menyatakan berhenti mendukung platform tersebut. Belakangan, keduanya malah fokus pada sistem operasi Android yang tengah laris. Sampai akhirnya tersisa Nokia sebagai satu-satunya produsen ponsel papan atas yang masih mengandalkan Symbian.




Persaingan dengan Android inilah yang membuat Nokia tega membuang OS Symbian dan platform MeeGo yang tengah dikembangkan bersama Intel. Perangkat terakhir yang menggunakan Symbian adalah Nokia 808 PureView yang dirilis pertengahan 2012 lalu. Dalam laporan keuangan kuartal keempat 2012 di awal 2013 lalu, Nokia sudah menegaskan bahwa Symbian segera berakhir. Dan selanjutnya Nokia akan lebih serius menggarap pasar smartphone dengan sistem operasi Windows Phone hasil kolaborasi dengan Microsoft.


Seperti dilansir dari Slashgear, pabrikan asal Finlandia ini mengumumkan akan menghentikan pengiriman smartphone Symbian pada musim panas (Juni-September) 2013ini. Selanjutnya Nokia hanya akan memproduksi smartphone berbasis OS Micosoft Windows Phone lewat seri Lumia. Sedangkan pengguna Symbian masih bisa menikmati aplikasi pada smartphone-nya sebagaimana biasa. Hanya saja, aplikasi tersebut tidak dapat diperbarui dan fasilitas download aplikasi pun tak akan tersedia lagi jika Nokia Store ditutup tahun 2016.