14 August 2013

Menghafal Kata Baru

Apakah Anda gemar mempelajari bahasa asing ? Jika ya, kesulitan apa yang ditemui saat mempelajari bahasa tersebut ? Selain struktur kalimat dan pengucapan, barangkali menghafal kata-kata baru menjadi masalah tersendiri. Sebenarnya bila Anda telah membekali diri dengan kemampuan berbahasa Inggris, memepelajari bahasa lain di Eropa seperti bahasa Jerman, Perancis, atau Belanda akan lebih mudah karena memiliki kemiripan kata, baik dalam penulisan maupun penyebutan. Misalnya, bahasa Inggris untuk kata rumah adalah house, dalam bahasa Jerman disebut haus. Selain itu, bahasa Inggris untuk kata jalan adalah road, dalam bahasa Perancis route.


Namun jika mempelajari bahasa asing lain seperti bahasa Korea, China, atau Jepang, Anda akan menemui banyak kosakata baru. Bisa jadi Anda menemukan kata-kata baru hari ini, tetapi keesokan harinya lupa arti kata-kata tersebut. Apalagi jika Anda memiliki banyak kesibukan mulai dari urusan kantor sampai rumah tangga. Menghafal kata-kata baru dalam bahasa asing pun bisa terkesampingkan. Lantas bagaimana cara menghafal kata-kata baru dalam bahasa asing ? Berikut beberapa alternatif yang bisa Anda terapkan :

Pertama, jika Anda medengar kata-kata baru dalam bahasa asing, catatlah. Kemudian carilah arti kata-kata tersebut dari kamus atau internet dan ingatlah.
Kedua, kelompokkan kata yang memiliki keterkaitan. Misalnya bahasa Perancis untuk beragam jenis hewan. Untuk memudahkan menghafal kata, tetapkanlah tema kata yang dipelajari setiap hari. Misalnya tema kantor untuk hari Senin, transportasi untuk hari Selasa, dan seterusnya. Anda pun akan lebih mudah menghafal karena berada dalam satu kelompok kata.

 
Ketiga, agar lebih menarik, gunakanlah visual atau gambar. Ke mana pun Anda melangkahkan kaki, gunakan kata-kata yang telah Anda pelajari untuk mengenali obyek-obyek yang Anda jumpai.
Keempat, rangkailah kata-kata yang Anda temukan dalam kalimat. Selanjutnya, bentuklah menjadi sebuah cerita pendek. Dengan begitu, tak hanya kata-kata saja yang Anda kuasai, tetapi juga mengenai struktur kalimat dalam bahasa asing.


Kelima, menambah perbendaharaan kata bisa juga dengan cara membaca. Perkayalah diri dengan berbagai bacaan yang dapat mengasah kosakata Anda. Majalah, novel, atau website bisa menjadi referensi yang menarik untuk memperkaya kosakata bahasa asing Anda.
Keenam, menyaksikan tayangan film berbahasa asing. Dengan melihat film yang menggunakan bahasa asing akan memperkaya kemampuan kosakata baru sekaligus pengucapannya dalam berbagi bentuk. Mulai dari idiom, sinonim maupun tata bahasanya.
Ketujuh, teruslah asah kemampuan berbahasa asing Anda setiap hari. Jika Anda telah menguasai suatu bahasa, tetapi jarang menerapkannya, kemampuan berbahasa asing pun bisa berkurang. Akibatnya, kata-kata sederhana mudah terlupakan bukan ?!