12 February 2014

Rudal Andalan TNI AL

Sebagai negara maritim, luas lautan Indonesia membentang dari barat hingga ke timur begitu strategis dari sisi ekonomi maupun pertahanan. Sehingga diperlukan penjagaan yang kuat dan terintegrasi penuh. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI sebagai negara besar dan berpengaruh di dunia internasional di masa depan. Untuk itu diperlukan kekuatan armada laut yang kuat, modern, dan dinamis. Kita mendukung dengan dibentuknya 3 armada kekuatan maritim kita, Armada Barat, Armada Tengah, dan Armada Timur ke depannya. Untuk memenuhi itu, penggunaan alutsista menjadi satu keharusan.

Dan saat ini kapal-kapal perang Indonesia yang biasa disebut KRI adalah tulang punggung kekuatannya. Dan berikut adalah rudal-rudal andalan KRI yang disematkan :


EXOCET
Exocet adalah rudal anti kapal buatan Perancis yang dapat diluncurkan dari kapal permukaan, kapal selam maupun pesawat terbang. Versi terbaru dari Exocet adalah MM40 Block 3 dengan jarak jangkau 180 km. Rudal ini menggunakan teknologi guidance waypoint, yang menuntun misil untuk menembak target dari sudut yang berbeda.
Kapal : KRI Frans Kaisiepo, KRI Diponegoro, KRI Usman Harun (rencana)




YAKHONT
Yakhont adalah rudal anti kapal permukaan supersonik buatan Rusia versi ekspor, yang nama aslinya adalah P-800 ONIKS (kode NATO SS-N-26). Rudal ini bisa diluncurkan dari darat, laut, udara, dan kapal selam. Yakhont menjadi basis pengembangan rudal tercanggih saat ini, Brah-Mos (kerjasama Rusia-India).
Kapal : KRI Oswald Siahaan


C-802
Rudal C-802 adalah rudal anti kapal bikinan Cina versi ekspor, yang nama aslinya adalah Yingji-82. Rudal ini mampu ternbang rendah sekitar 5-7 meter diatas permukaan laut dan mempunyai kemampuan anti-jamming yang tinggi. C-802 bisa diluncurkan dari pesawat terbang, kapal permukaan, kapal selam , dan kendaraan darat.
Kapal : KRI Ahmad Yani, KRI Slamet Riyadi, KRI Yos Sudarso


C-705
Rudal ini memiliki jangkauan 140 km dengan bimbingan GPS dan GLONASS. Saat ini Indonesia melisensi rudal ini untuk dikembangkan bersama Cina.
Kapal : KRI Kujang, KRI Clurit, KRI Beladau


VL MICA
MICA adalah sistem rudal anti udara multi target jarak pendek dan menengah buatan MBDA, Perancis. Rudal ini biasa terpasang pada pesawat Rafale dan  Mirage 2000. Dengan daya jangkau 20 km, rudal MICA mampu menghancurkan target yang datang dari udara.
Kapal : KRI Usman Harun (rencana)

Sumber : diolah dari berbagai sumber