24 October 2014

Mari Mengenal App Permission

Setiap aplikasi Android mengharuskan adanya otorisasi dari pengguna sebelum melakukan serangkaian tindakan seperti mengakses konten SD Card atau daftar kontak. Dengan adanya kewajiban otorisasi tersebut, maka sebelum menginstal aplikasi pengguna akan diberitahukan mengenai aktifitas apa saja yang akan diambil oleh aplikasi bersangkutan. Daftar aktifitas apa saja yang akan dilakukan oleh aplikasi inilah yang disebut sebagai app permission. Dengan mengenali app permission sebelum menginstal sebuah aplikasi, pengguna dapat terhindar dari menginstal sebuah aplikasi yang dapat menguras pulsa atau membocorkan data pribadi Anda.


Untuk melihat app permission apa saja yang ada pada aplikasi yang telah terinstal, Anda dapat masuk ke menu Settings --- Apps dan memilih satu persatu aplikasi terkait. Berikut adalah contoh app permission yang perlu Anda waspadai :

Full network access
Dengan memberikan izin aplikasi untuk mengakses jaringan internet, maka Anda memberikan kepercayaan pada aplikasi tersebut untuk menggunakan jalur internet Anda. Namun demikian, izin tersebut dapat saja dieksploitasi oleh malware untuk membocorkan data pribadi Anda bila dikombinasikan dengan izin untuk mengubah atau menghapus konten pada USB Storage.



Modify or delete the contents of your USB storage
Dengan adanya keleluasaan untuk mengubah atau menghapus konten, aplikasi dan game yang Anda instal dapat secara bebas mengakses USB storage untuk melakukan perubahan yang mencakup penyimpanan atau penghapusan data. Akan tetapi jika aplikasi telah tersusupi malware, otorisasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengupload konten dalam USB storage ke internet.


Directly call phone numbers
Jika Anda menginstal dialer alternatif, maka aplikasi tersebut secara otomatis akan memiliki kemampuan yang sama untuk melakukan panggilan. Aplikasi SMS pihak ketiga umumnya juga dibekali dengan kemampuan yang sama untuk secara langsung menghubungi nomor kontak yang berasal dari seluruh pesan SMS yang masuk. Bila dieksploitasi malware, maka gadget Anda akan melakukan panggilan diam-diam ke nomor-nomor tertentu dan secara ilegal merekam pembicaraan tersebut.

Modify your contact, read your contacts
Jika Anda menginstal Facebook, Anda tentu akan diminta untuk menyetujui app permission ini agar dapat melakukan sinkronisasi kontak ponsel dengan kontak teman Facebook Anda. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi sosial media lain dengan tujuan agar Anda dapat dengan mudah menemukan teman berdasarkan kontak telepon atau e-mail yang Anda miliki. Tentunya izin ini bisa saja disalahgunakan untuk membocorkan informasi pribadi atau menularkan virus dan malware berbahaya kepada seluruh teman kontak Anda.


Approximate and Precise location
Bila Anda menyetujui sebuah aplikasi untuk mengetahui lokasi Anda, maka aplikasi tersebut dapat memanfaatkannya untuk memandu Anda dalam bernavigasi. Namun begitu, kemampuan untuk melacak lokasi ini kerap dimanfaatkan untuk membanjiri ponsel Anda dengan pesan SMS tawaran diskon atau iklan ajakan untuk berkunjung ke tempat tertentu yang lokasinya ada di sekitar Anda.

Sumber : berbagai tabloid dan blog teknologi ponsel Android

No comments:

Post a Comment