26 June 2015

GPU dan SoC


GPU (Graphics Processing Unit) merupakan chip tambahan dari CPU yang berfungsi untuk mengolah grafis. GPU pertama kali di pelopori oleh nVIDIA pada tahun 1999 melalui peluncuran GPU pertama di dunia, yakni GPU GeForce 256. GPU memiliki fungsi berbeda dengan CPU. CPU hanya mempunyai beberapa "core", tapi GPU memiliki ribuan core. Maka dari itu GPU sangat penting untuk kinerja sebuah smartphone. GPU smartphone ini mirip seperti VGA pada komputer. Namun seiring dengan semakin berkembangnya teknologi hardware, kini muncul juga yang dinamakan SoC. SoC (System on Chip) adalah sebuah paket chip yang berisi hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah perintah lengkap di smartphone atau gadget. SoC itu dapat disebut sebagai sebuah chip yang isinya adalah processor, GPU, dan memory controller.

 
Dan berikut GPU dan SoC populer yang digunakan pada smartphone :


nVIDIA Tegra
Tegra merupakan salah satu SoC paling terkenal serta tercepat di dunia.Tegra pertama kali dikenalkan pada tahun 2008 untuk media player Zune HD. Kemudian tahun 2010 Tegra 2 diumumkan dan banyak dipakai oleh tablet PC, diantaranya Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200. Lalu pada tahun 2011 Tegra 3 diluncurkan dengan peningkatan performa yang sangat baik. Hingga disusul oleh generasi berikutnya Tegra 4. Di Indonesia, ponsel Wiko Highway 4G hadir dengan nVIDIA Tegra 4i. Dan terakhir, nVIDIA mengumumkan Tegra K1 yang disebut-sebut sebagai SoC tercepat di dunia. Namun hingga kini belum ditemui smartphone yang menggunakan Tegra K1.


Qualcomm Adreno
GPU seri Adreno merupakan GPU bikinan ATI yang dulunya disebut ATI Imageon. ATI merupakan anak perusahaan AMD. Pada tahun 2008, AMD Imageon dijual ke Qualcomm. Setelah itu Qualcomm mengubah nama AMD Imageon menjadi Adreno yang juga merupakan anagram dari Radeon (produk GPU dari ATI). Adreno memiliki beberapa seri, seperti Adreno 200, Adreno 203, Adreno 205, Adreno 220, Adreno 302, Adreno 320 dan Adreno 420.


PowerVR
GPU PowerVR merupakan GPU buatan VideoLogic yang pernah digunakan oleh sejumlah VGA pada komputer. PowerVR sendiri tidak diproduksi dalam bentuk jadi oleh Power Logic, namun mereka hanya membuat draft arsitekturnya yang dijual lisensinya ke berbagai produsen prosesor terkemuka, seperti NEC, Intel, Freescale, Texas Instruments dan yang lainnya. Sampai saat ini kita bisa melihat GPU PowerVR disematkan pada berbagai produk Apple iPhone.


Mali
Mali adalah arsitektur buatan ARM. Kini banyak smartphone yang menggunakan seri ini. Seri-seri GPU Mali banyak dipakai mulai dari HDTV, game console (PS3), hingga smartphone. ARM digunakan sebagai arsitektur sekitar 95% seluruh smartphone di dunia. Versi GPU Mali yang tercepat adalah Mali T-720, namun hingga saat ini belum ada perangkat yang berjalan menggunakan GPU tersebut. Yang banyak kita jumpai adalah Mali 400MP, Mali 450MP, Mali T628MP6 dan Mali T760.

Lalu mana yang lebih baik ? Untuk menentukan yang lebih baik kita harus memperhatikan banyak faktor, seperti processor, RAM, arsitektur smartphone dan lain-lain. Artinya performa GPU dipengaruhi oleh komponen lain dan tidak bisa berdiri sendiri.

* Diolah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment