18 July 2023

Yuk Kenali Gangguan Pada HP Android

Penggunaan handphone atau smartphone saat ini sudah begitu masif. Berbagai lapisan masyarakat menggunakannya untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari pekerjaan, hiburan hingga permainan atau games. Namun masih banyak yang belum tahu tentang gangguan yang ditimbulkan dari penggunaannya.


Dan berikut beberapa gangguan pada HP Android yang dimaksud :

1. HP menjadi lambat atau sering macet. Ini bisa disebabkan oleh virus yang mengganggu kinerja sistem operasi atau memakan sumber daya seperti RAM dan CPU.

2. HP menjadi panas secara berlebihan. Ini bisa disebabkan oleh virus yang membuat prosesor bekerja terus-menerus atau mengaktifkan fitur seperti GPS, Bluetooth, atau kamera tanpa sepengetahuan Anda.

3. Baterai HP cepat habis. Ini bisa disebabkan oleh virus yang menguras daya baterai dengan mengirim data ke server jahat, menampilkan iklan pop-up, atau menjalankan aplikasi latar belakang.

4. Data paket internet cepat habis. Ini bisa disebabkan oleh virus yang mengunduh atau mengunggah data secara diam-diam, seperti foto, video, kontak, pesan, atau informasi kartu kredit Anda.


5. Aplikasi tidak berfungsi dengan baik atau muncul aplikasi baru yang tidak Anda instal. Ini bisa disebabkan oleh virus yang merusak atau mengubah kode aplikasi asli, atau menyisipkan aplikasi palsu yang berbahaya.

6. HP sering mengirim pesan teks atau panggilan aneh ke nomor yang tidak dikenal. Ini bisa disebabkan oleh virus yang mencoba menipu Anda atau orang lain dengan modus penipuan, seperti meminta pulsa, uang, atau kode verifikasi.

7. HP tidak bisa dimatikan atau di-restart. Ini bisa disebabkan oleh virus yang mencegah Anda untuk mengontrol perangkat Anda sendiri.

Lalu bagaimana untuk mengatasi permasalahan tersebut ? Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegahnya :

  • Pastikan Google Play Protect kamu tetap aktif. Caranya buka aplikasi Google Play Store, ketuk ikon profile, tap play protect > settings > aktifkan Scan Apps with Play Protect.
  • Selanjutnya, selalu perbaharui update dari perangkat.
  • Hapus juga aplikasi yang dirasa tidak dipercaya, terutama yang tidak ada di toko resmi.
  • Ganti password semua akun online Anda yang mungkin telah dicuri oleh virus.
  • Backup data penting Anda ke media penyimpanan eksternal atau cloud.
  • Lakukan check-up keamanan. Caranya buka browser seperti Chrome dan masuk ke myaccount.google.com/security-checkup, lalu ikuti langkah yang ada.
  • Terakhir, lakukan factory reset pada smartphone Anda untuk mengembalikan kondisi awalnya.

No comments:

Post a Comment