20 August 2011

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog


Blog adalah sarana tulis menulis tempat semua orang bebas mengekspresikan apa yang ingin disampaikan, dan tulisan tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna internet. Mungkin itulah sekilas gambaran tentang blog yang kita kenal sekarang ini. Sebuah blog adalah perpaduan teks, hypertext, gambar, maupun link. Dengan demikian, kita bisa memposting berbagai macam ide, gagasan, pendapat, atau tanggapan terhadap sesuatu di sana. Media blog adalah sarana komunikasi yang sifatnya interaktif. Siapa pun bisa memberikan masukan atau komentar atas masalah yang diposting. Karena blog merupakan kepanjangan interaktif dari pembuatnya.

Dengan memiliki blog kita pasti menginginkan blog kita banyak didatangi oleh pengunjung. Mungkin ada beberapa pengunjung, tapi masih bisa dihitung dengan jari tangan. Bagaimana cara kita menambah pengunjung ke blog kita sedikit lebih banyak dari biasanya. Dan inilah tips cara meningkatkan pengunjung blog, diantaranya :

  • Blogwalking : untuk menambah teman untuk diajak blogroll, sempatkanlah berkunjung ke blog lain dan buatlah komentar di buku tamu atau di tulisan mereka. Tapi jangan lupa memasanag alamat blog Anda di blog mereka agar mereka bertamu balik ke blog Anda.   

  • Social Bookmarking : situs yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan, mengirimkan, menyebarluaskan dan memberikan vote terhadap sebuah artikel dari internet. Contoh situs social bookmarking paling populer adalah Digg.com, Reddit.com, StumbleUpon.com dan Delicious.com.

  • Search Engine : agar blog Anda dikenal di dunia maya, maka Anda harus memperkenalkan diri. Caranya adalah mendaftarkan blog ke beberapa situs mesin pencari (search engine) yang ada di internet, seperti Google, Yahoo, AOL, Baidu, MSN, Altavista dan lainnya. Karena hampir 75 % pengunjung blog datang dari search engine dan makin pentingnya search engine bagi pengguna internet dalam mencari informasi. Maka dari itu, kita harus belajar SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi terhadap search engine. Maksudnya mengoptimasi blog kita agar lebih mudah (crawling) masuk ke mesin pencarinya search engine. Bahkan banyak blog yang hanya mengandalkan pengunjung datang lewat search engine dengan mengoptimasi blognya lewat cara-cara SEO.

  • Artikel :  dalam memposting artikel, buatlah isi tulisan yang menarik, interaktif, informatif dan bermanfaat bagi pengunjung. Jangan lupa pula kualitas dan kuantitas tulisan yang selalu ter-up date secara berkala.

  • Promosi : sebarkan link blog Anda ke forum-forum online atau situs-situs jejaring sosial, seperti facebook, twitter, foursquare, netlog, plurk dan yang sejenisnya. Atau bisa juga mendaftarkan blog ke direktori blog dan RSS search engine. Diantaranya yang bisa digunakan adalah Technorati, BlogPulse, Blog Digger, LintasBerita, InfoGue maupun Delicious.

Semoga dengan hal-hal tersebut diatas bisa membantu bertambahnya kunjungan ke blog kita ya... Pokoknya narsis abis deh..! Ayo nge-blog !!!