14 October 2013

Aplikasi Chatting Via Smartphone

Pilih-pilih instant messenger mobile yang tepat agak membingungkan saat ini. Karena banyaknya aplikasi mobile untuk IM yang sudah menjadi kebutuhan dasar pengguna smartphone. Contohnya adalah BBM (BlackBerry Messenger) yang fenomenal, dimana layanan pesan singkat ini menjadikan handset Blackberry semakin asyik dan menarik. Akhirnya banyak perusahaan lain ikut nimbrung untuk memberikan layanan instant messenger sejenis. Apalagi saat BBM diluncurkan untuk platform iOS dan Android pertengahan September lalu. Maka tak pelak perang instant messenger pun tidak terelakkan. Dan berikut diantara layanan perpesanan yang populer pada smartphone :


Skype
Pada dasarnya layanan ini adalah layanan telepon internet alias VoIP. Namun dipadukan dengan fungsi instant messaging didalamnya. Aplikasi ini lintas sistem operasi dan lintas piranti, bisa digunakan di PC, tablet, TV, dan smartphone. Selain untuk telepon-teleponan dan chat, kita juga bisa sharing foto atau mengirim video message.

 

WhatsApp
WhatsApp memiliki kompatibilitas lintas mobile OS yang membuatnya menjadi pilihan pengguna smartphone untuk berkomunikasi. Layanan instant messaging ini sesuai dengan Android, iOS, WindowsPhone, Symbian, dan BlackBerry OS. Dengan WhatsApp kita bisa mengirim gambar, video, dan juga voice note. Untuk personalisasi, layar chat bisa diganti-ganti gambarnya.


WeChat
Aplikasi ini cukup populer di kalangan pecinta obrolan online. Aplikasi yang berbasis di Shenzhen Cina ini dapat digunakan di iOS, Android, BlackBerry, WindowsPhone, Nokia, dan juga tersedia client untuk PC. Fasilitas yang dimilikinya lumayan banyak, mulai chat biasa, hingga video call dan voice chat. Lalu ada fasilitas Shake, dimana goyangan pada ponsel akan membuat kita mengetahui siapa saja pengguna baru yang masuk di lingkungan WeChat. Yang unik lagi adalah Moments yang digunakan untuk sharing foto (seperti Instagram) di dalam akun. Teman lain bisa mengomentari foto tersebut lho.


BlackBerry Messenger (BBM)
Aplikasi ini sebenarnya ditujukan secara eksklusif di handset BlackBerry dan hanya bisa digunakan pada handset keluaran BlackBerry. Namun tahun ini BBM mulai menjarah ke sistem lain, yaitu iOS dan Android. Meski pertengahan September lalu sempat dirilis, BBM untuk Android dan iOS ditarik lagi karena masalah teknis. Walau pun begitu, BlackBerry tetap berencana akan merilis ulang BBM lintas platform.


Line
Aplikasi ini berasal dari negeri Sakura, Jepang. Dengan IM yang satu ini, kita bisa bertelepon dengan sesama pengguna Line secara gratis. Disamping itu kita juga bisa berkirim pesan video dan suara. Serunya lagi, aplikasi ini kompatibel dengan PC, dimana kita bisa menggunakannya di komputer. Dengan fasilitas berkirim pesan menggunakan sticker (istilah untuk emoticon berbentuk gambar) yang menarik disediakan secara gratis, selain sticker default dengan karakter beruangnya.


Facebook Messenger
Ini adalah instant messaging yang disediakan bagi para member pemilik akun Facebook. Aplikasi ini menjadi akses masuk khusus ke layanan chat tersebut yang pada dasarnya menyatu dengan layanan Facebook. Facebook Messenger juga dilengkapi dengan fitur seperti yang ada pada Line dan Kakao Talk, yaitu berkirim sticker, smiley, dan emoji.


Kakao Talk
Tak mau kalah dengan negara tetangganya Jepang dan Cina, Korea Selatan pun membuat Kakao Talk. Aplikasi instant messaging yang berwarna khas kuning dan coklat ini dapat digunakan pada perangkat Android, iOS, BlackBerry, WindowsPhone, dan Bada. Pada aplikasi ini menyediakan tidak hanya pesan singkat melalui chat saja, tetapi juga menyediakan fasilitas kirim gambar, group call, kirim foto dan video, hingga main game online.


Yahoo Messenger (YM)
Kita bisa melakukan voice call dan juga video call dengan aplikasi ini. Disamping itu kita bisa berkirim gambar dan video melalui kanal Yahoo Messenger ini. Dengan tampilan yang bisa dipersonalisasi makin asyik chat dengan teman-teman kita melalui YM yang dianggap sebagai "sesepuh" instant messenger. hehehe...