07 January 2014

Rudal-rudal Andalan TNI AU

 

Setelah sekian lama kekuatan TNI AU mengalami stagnasi, maka pada masa pemerintahan SBY ini TNI AU mendapat dukungan kekuatan yang signifikan. Mulai dari penggantian peralatan lama dengan yang baru hingga alih teknologi modern kedirgantaraan. Puluhan pesawat tempur bermesin jet, baling-baling maupun pesawat angkut dan pesawat tanpa awak (UAV) hadir untuk menjaga angkasa RI. Pesawat-pesawat lama digrounded, digantikan dengan pesawat baru yang lebih modern. OV-10 Bronco digantikan Super Tucano buatan Brazil, Hawk 100/200 diganti dengan T-50 Golden Eagle produksi Korea Selatan. Kemudian ada Sukhoi Su-27/30 yang sudah genap 1 skuadron. Dan sebentar lagi kita akan kedatangan pesawat paling populer di dunia, F-16 Fighting Falcon blok 24 yang merupakan hibah dari AS. Pesawat-pesawat andalan TNI AU ini memiliki senjata yang mematikan yang biasa disebut dengan rudal. 

Dan inilah diantara rudal-rudal mematikan yang dimiliki TNI AU :


AGM-65 Maverick
Maverick adalah rudal udara ke darat yang dirancang untuk menghancurkan target yang ada di darat, seperti kendaraan lapis baja, pertahanan udara dan fasilitas darat lainnya. Rudal dengan panjang 2.55 meter ini mempunyai kecepatan maksimal 1.150 km/jam dengan jangkauan tembak 27 km. Maverick yang berpemandu laser ini diletakkan di bawah sayap pesawat.

 


Vympel R-27
Vympel R-27 atau dalam kode NATO disebut AA-10 Alamo adalah rudal udara ke udara jarak menengah buatan Rusia. Rudal ini menggunakan penuntun infra-merah dan radar semi aktif. Namun hingga kini informasinya masih belum jelas, apakah Sukhoi TNI AU menggunakan rudal yang mempunyai kecepatan 2.5 mach ini. Hingga sekarang masih jadi misteri. he..he..he..


ZVEZDA Kh-31P
Kh-31 yang oleh AS disebut Krypton adalah rudal udara ke udara buatan Rusia dengan jangkauan 110 km yang memiliki kecepatan 3.5 Mach atau tiga kali kecepatan suara. Dalam perkembangannya, rudal ini mempunyai varian sebagai rudal anti radiasi (ARM) yang masuk kategori rudal udara ke udara jarak jauh. Sehingga oleh TNI AU rudal Krypton disebut sebagai AWACS Killer.


AIM 9x Sidewinder
Sidewinder adalah rudal udara ke udara anti pesawat jarak pendek buatan AS yang berpemandu infra-merah. Rudal ini merupakan rudal udara ke udara paling populer di dunia, dan menjadi senjata standar bagi pesawat tempur negara NATO dan sekutu AS. Dengan kecepatan 2.5 Mach, rudal ini mampu menghancurkan target pada jarak 18 km.


AIM-120 AMRAAM
AMRAMM (Advanced Medium Range Air to Air Missile) merupakan rudal udara ke udara dan permukaan ke udara dengan teknologi modern BVRAAM yang mampu beroperasi di segala cuaca, baik siang maupun malam hari.

Itulah diantara rudal-rudal andalan TNI AU untuk menjaga wilayah kedaulatan negeri kita. Sebagian sudah memperkuat armada pesawat tempur kita. Dan sebagian yang lain masih dalam tahap penjajakan atau negoisasi. Kita berharap semoga rudal-rudal tersebut sesegera mungkin bisa dipasang pada pesawat tempur yang kita miliki.