21 July 2014

5 Aplikasi Google Untuk Pendidikan

Google Apps for Education (aplikasi Google untuk pendidikan) menjadi pemberitaan hangat akhir-akhir ini di jagat teknologi. Hal ini dikarenakan banyaknya sekolah di seluruh dunia menggunakan dan mengadopsi sumber daya pengetahuan gratis tersebut. Dengan aplikasi yang disediakan, akan mengubah cara pandang tenaga pendidik (guru) dan peserta didik (siswa) untuk berkolaborasi dalam pekerjaan dan juga berbagi informasi serta pengetahuan. Para pengembang profesional di bidang Google Apps berusaha untuk menghadirkan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan sekolah agar bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam pembelajaran yang dilakukakannya.


Dan berikut 5 aplikasi Google untuk pendidikan yang membantu guru dan siswa dalam memperoleh pengalaman dan pengetahuan :

Google Education On-Air
Dengan memanfaatkan aplikasi Google Education Hangouts On Air, kita bisa saling berbagi informasi pendidikan lewat video secara real-time. Adapun layanan yang ada disini meliputi Live Hangouts Schedule, Past Recordings, Presenters, Social Media, FAQs dan Feedback.

Google Online Courses
Pada bagian ini terdapat berbagai macam konten pendidikan dan pembelajaran yang dibuat oleh guru bersertifikat Google atau pun sumber-sumber pengetahuan lainnya yang disediakan pihak ketiga (para profesional).

Google Apps User Groups
Layanan yang bisa menghubungkan jutaan guru di seluruh dunia tentang pengalaman dan suka duka menjadi pendidik di daerah-daerah tertentu untuk dibagikan kepada yang lainnya. Sebuah perjuangan dan pengorbanan guru untuk mencerdaskan bangsa. hehehe.....



Google in Education Videos
Melalui layanan YouTube, Google for Education menyediakan konten video pendidikan yang bisa dinikmati oleh jutaan penggunanya. Mulai dari video tutorial, presentasi, tips dan trick, hingga video streaming dapat digunakan sesuai keinginan dan kebutuhan kita.

Guide to Going Google
Sebuah starting point yang bagus bagi sekolah untuk menggunakan layanan Google di bidang pendidikan. Ini akan memberikan benefit yang besar bagi komponen pendidikan sekolah, seperti guru, siswa, karyawan maupun alumni yang ingin maju dan berkembang melalui jaringan online maupun offline.


Disinilah kita dituntut untuk lebih concern terhadap perkembangan teknologi jaringan internet. Sehingga kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi (TIK) di sekitar kita dapat kita ikuti perkembangannya dan dapat memberikan wawasan yang luas pada generasi yang akan datang, yaitu siswa/peserta didik kita. Sekian dan semoga bermanfaat buat semuanya.