10 August 2011

Teknologi Internet Ponsel

Abad ini adalah abad dimana kebutuhan akan data berkembang pesat. Jika sebelumnya penggunaan internet sebatas di PC atau komputer, sekarang media ponsel jadi alat ampuh menelusuri dunia web. Mungkin karena sifatnya yang mobile dan ringkas. Dan inilah perkembangan teknologi internet yang ada di ponsel.

Diawali oleh generasi pertama yang dikenal sebagai AMPS (Advanced Mobile Phone System). Yaitu teknologi telepon analog standar selular generasi pertama yang menggunakan frekuensi terpisah untuk setiap percakapan. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983 dan akhirnya AMPS dihentikan penggunaannya pada tahun 2008.


Setelah itu teknologi berkembang ke CSD (Circuit Switched Data) dengan kecepatan tidak lebih dari 9.6 Kbps. CSD dihitung berdasarkan satuan waktu sehingga biaya yang dipakai akan lebih besar. Kemudian dilanjutkan dengan teknologi GPRS (General Packet Radio Services), dimana kemampuan data mencapai 115 Kbps dan penghitungan berdasarkan basis volume. Teknologi diatasnya adalah EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution) dan lebih dikenal sebagai teknologi 2.75G dengan kecepatan hingga 236 Kbps.

Beralih ke akses lebih cepat, ada teknologi 3G dimana kapasitas penerimaan data dan pengiriman data hingga 384 Kbps. Tak butuh waktu lama, muncul layanan HSPA (High Speed Packet Access), yang terdiri dari 2 protokol, yaitu HSDPA dan HSUPA. Jaringan HSDPA mampu memenuhi kebutuhan data mulai dari 2 Mbps hingga 14 Mbps. Terakhir layanan 4G yang sering disebut LTE (Long Term Evolution). Dalam ujicoba teknologi ini, kecepatan downloadnya menembus angka 100 Mbps. Sedangkan kecepatan upload hingga 31 Mbps.