24 September 2011

GPS dan A-GPS

Tentunya pengguna alat telekomunikasi semakin paham akan arti pentingnya sebuah fitur GPS atau A-GPS. Apalagi dewasa ini banyak sekali pembenaman fitur tersebut dalam sebuah telepon selular. Awalnya, GPS (Global Positioning System) adalah teknologi yang dikembangkan oleh militer dan digunakan dalam medan perang. Perangkat GPS menerima informasi dari setiap empat dari 32 satelit yang mengorbit bumi. Kemudian menghitung jarak dari satelit dan asal lokasinya oleh trilateration.
 
 
Pada daerah terbuka akan lebih cepat mendapatkan sinyal dibandingkan di daerah perkotaan yang banyak gedung tinggi. Data waktu dari masing-masing satelit akan dikomputasi oleh GPS module di telepon selular/PDA dan akhirnya akan dihasilkan informasi posisi berupa latitude & longitude, lokasi dalam peta dan lain-lain.

Dibutuhkan 3 komponen dalam proses penentuan posisi lewat GPS, yaitu satelit, receiver GPS, dan posisi yang baik (bebas halangan). Supaya perangkat GPS bisa menangkap sinyal dengan baik, perangkat harus berada di luar ruangan, bahkan harus di bawah langit terbuka. Kekuatan sinyal bisa berkurang kalau perangkat GPS berada di bawah pohon, di bawah gedung-gedung pencakar langit atau di dalam kendaraan. Sinyal hampir bisa dipastikan menghilang kalau pembawa perangkat GPS masuk ke dalam gedung.
 
 
Sementara itu A-GPS (Assisted GPS) adalah jenis lain dari GPS yang mengandalkan sebuah server bantuan, selain dari satelit itu sendiri. A-GPS dikembangkan untuk meningkatkan kinerja GPS. Di sini server bantuan tersebut akan memberikan informasi tambahan ke perangkat yang dapat membantu dalam perhitungan lokasi. Hal ini sangat berguna di lingkungan dimana chip GPS mungkin mengalami kesulitan dalam mendapatkan sinyal satelit.

Server bantuan penyedia data informasi satelit yang dibutuhkan oleh A-GPS biasanya di dukung oleh jaringan operator, karena sering kali menara BTS memiliki unit penerima GPS dan secara terus menerus akan mendownload informasi data satelit yang ada di angkasa dan kemudian memprosesnya. Data dari server bantuan bisa diberikan kepada pelanggan telepon selular, bila diminta oleh perangkat A-GPS untuk mengidentifikasi lokasi pengguna berupa latitude & longitude, lokasi dalam peta dan lainnya.

Dalam hal ini dibutuhkan 3 komponen dalam proses penentuan posisi pada A-GPS : Satelite, Assistance Server (GSM), Receiver A-GPS. Selain itu A-GPS berbeda dari reguler GPS dengan menambahkan elemen lain ke dalam proses pencarian posisi, yaitu server bantuan (Assistance Server).
 

No comments:

Post a Comment